Monday 28 June 2010

Perempuan Kembang Jepun

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Literature & Fiction
Author:Lan Fang
berlatarbelakang 1942 saat jepang masuk ke Indonesia yang ternyata melalui mata-mata di jakarta dan surabaya untuk menarik hati penduduk indonesia, jepang pun mendapat simpati dari penduduk Indonesia.
dari jakarta, ke surabaya yang ternyata menyimpan sejuta cerita dari seorang wanita geisha, matsumi, (asal dan asli jepang tentunya) yang harus mengganti nama china karena jepang malu ada wanita penghibur yang berada di tanah jajahannya.
matsumi pun jatuh cinta sama Sudjono, buruh kain kasar dan rela meninggalkan rumah Hamada-san dan menjadi istri kedua Sudjono karena sudah hamil duluan.
seluruh tabungan matsumi habis untuk membiayai kehidupan sudjono dan istri serta anak pertamanya.
bagi sudjono, tinggal bersama matsumi memang menyenangkan, rumah bersih dan wangi, lengkap dengan pembantu, tidak perlu bekerja tapi makanan dan rokok selalu ada. sudjono pun melarang matsumi keluar rumah dan bergaul dengan tetangga agar tidak ketahuan matsumi orang jepang.
indonesia merdeka, matsumi kabur dari rumahnya dan bersembunyi di klenteng bersama kaguya, putri semata wayangnya. atas bantuan seorang lelaki keturunan tionghoa, kaguya dititipkan kepada mama Oni, penjaga panti asuhan klenteng lain, dan matsumi bisa pulang ke jepang dengan menumpang kapal ke china.
sudjono mencari matsumi ke rumah dan tidak menemukan, berhari-hari sudjono kehilangan jejak matsumi. hingga ia duduk di sebuah warung kopi yang menghadap ke klenteng panti asuhan yang ternyata mengasuh kaguya.
sudjono membawa kaguya ke rumah petaknya bersama istri pertama dan anak pertamanya.
nasib kaguya berubah total, diperlakukan kejam oleh ibu tiri. dan sepanjang hari menunggu sudjono pulang kerja, adalah moment yang sangat ditunggu kaguya yang berganti nama lestari. sudjono rela mengurangi rokoknya, sehingga bisa membelikan gula-gula buat kaguya.
namun sudjono memutuskan membawa kaguya dan meninggalkan rumah petaknya karena anak laki-laki dari istri pertamanya memperkosa kaguya.
bertahun-tahun sudjono merawat kaguya sendiri, bekerja siang malam menjadi kuli bangunan asal kaguya bisa sekolah dan berkecukupan.
cintanya pada matsumi tak pernah berbalas karena matsumi sudah berhenti mencintainya karena kecewa dan menganggap sudjono tidak bertanggungjawab, hingga menghembuskan nafas terakhir, sudjono tidak mendapat maaf apalagi bisa bertemu dengan matsumi.
lestari atau kaguya akhirnya bisa bertemu dengan matsumi setelah puluhan tahun, berkat anak angkatnya yang menikah dengan pria keturunan jepang, yang ternyata adalah anak angkat matsumi.

buku ini tidak se-detail pramoedya, tapi cukup membuat saya terharu dan membaca menuntaskan langsung tanpa jeda dalam waktu 3 jam. alur cerita yang membawa saya membaca seakan mengikuti emosi peran satu persatu karakter dalam buku ini.
pengorbanan matsumi atas fasilitas mewahnya..pengorbanan sudjono utk meminta matsumi kembali...tapi tidak pada waktunya.
apa kita berkorban untuk seseorang berarti orang itu harus tau?
apa kita berkorban untuk seseorang harus ada tujuannya?
lalu apa itu ikhlas?

2 comments:

  1. Thx 4 share, klo pengen cb lg novel dgn latar belakang pendudukan jepang (di surabaya) cb cari Saksi Mata karya Suparto Brata. Detail dan deskripsinya sangat bagus dengan alur cerita yg mengalir

    ReplyDelete