Monday 23 February 2009

Valkyrie

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Drama
kisah perpecahan di badan tentara nazi.
diawali dengan kolonel staufenberg yg kehilangan sebelah matanya, lengan kanan, dan 2 jari tangan kirinya, akibat pemboman saat bertugas di wilayah afrika.
staufenberg kemudian diajak berkoalisi dengan para petinggi nazi, jenderal olbricht dan jenderal beck, yang ingin menjatuhkan rezim adolf hitler yg dianggap sudah diluar batas kewajaran.
entah diketahui atau memang tidak direstui, berkali-kali usaha olbricht, beck dan beberapa petinggi lain, gagal. mulai dari menaruh bom di pesawat hitler, hingga membunuh tepat saat konferensi dimulai.
selain hitler, para politisi berpendapat himler juga harus dihabisi.
hingga suatu hari, staufenberg nekat menaruh tas berisi bom asam di bawah meja kerja hitler saat sang fuhrer bersama rekan-rekannya sedang membahas kekuatan peta perang.
kudeta pun berlangsung dengan memanfaatkan tentara cadangan dan mengamankan SS serta departemen komunikasi. tapi sayang, tidak mudah membunuh hitler. ia masih hidup. para petinggi satu persatu digantung oleh jenderal fromm yg menjadi petinggi tentara cadangan. fromm yg sebenarnya tahu rencana kudeta tersebut, tapi tidak melaporkan, akhirnya dihukum gantung beberapa bulan kemudian.
hitler sendiri akhirnya bunuh diri di dalam bunker, 9 bulan kemudian.
sayang, kisah ini kurang detail mengambil tindakan hitler. operasi valkyrie yg sebenarnya, hingga aksi para SS.
setting terkesan jumping. bila tidak mengetahui cerita dari buku biografi mein kampf, atau tentang staufenberg, mungkin agak sulit mengikuti jalannya cerita ini.

No comments:

Post a Comment