Monday 23 February 2009

Slumdog Millionaire

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Drama
BRAVO!
baru kali ini gw suka nonton film india.
setting-an wilayah slumdog/kumuh di berbagai belahan india, termasuk pengambilan angle gambar yg belum pernah gw lihat di film2 india. terlebih tidak ada aksi menari dan menyanyi di kala hujan. hahahaha
adalah jamal malik, yang kemudian menang kuis "who wants to be millionaire" dan sudah mengumpulkan 10 juta rupee, hingga satu pertanyaan lagi menuju 20 juta rupee, waktu habis. premm, sang pembawa acara kuis tak percaya, pemuda dari pemukiman kumuh yg bekerja sebagai pembawa teh / chai-wallah bisa menjawab semua pertanyaan, bahkan ketika premm memberikan jawaban yang menyesatkan jamal. premm pun meminta polisi menangkap dan menginterogasi jamal. sejatinya, para polisi yang awalnya berlaku keras, justru melunak ketika jamal menjelaskan satu persatu jawaban untuk pertanyaan di kuis.
jawaban demi jawaban diperoleh jamal dari puluhan tahun kisah hidupnya, hingga dia pun berkelakar "tidak perlu menjadi jenius untuk menjawab pertanyaan tersebut."
jawaban apa yang dibawa sri rama, yaitu busur dan panah dipastikan olehnya karena mengingat masa kecilnya dimana ibunya dibunuh oleh gerombolan yg mengatasnamakan agama. "jika tidak ada sri rama dan Allah, maka ibuku pasti masih ada."
atau jawaban muka siapa di uang $100? benjamin franklin, karena jamal lebih sering menerima tips dalam bentuk dollar saat menjadi guide di taj mahal. tapi dia akan menjawab polos, "aku tidak tahu wajah siapa yg terpasang di uang 10 rupee"
menonton film ini, anda akan diajak melihat flashback masa lalu jamal, kehidupannya bersama kakaknya salim saat ditinggal ibunya, hingga ia bertemu cinta sejatinya, latika.
akhirnya terjawab sudah saat jamal memenangkan 20 juta rupee dengan menjawab aramis adalah pengawal ketiga three musketeers dan bertemu kembali dengan latika.
tapi (teuteup) ketika film selesai dan akan keluar bioskop, jamal, latika, salim dan sederet artis pendukung menari dan menyanyi di jalur kereta api india.
hahahaha teuteup....ada lho....

No comments:

Post a Comment