Wednesday 16 July 2008

Escape From Huang Shi

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Other
another story about journalist George Hogg (tapi kali ini cetak) yang nekat ke kota nanjing, cina. padahal kota itu menjadi satu2nya daerah teritorial tentara jepang yang sudah terdesak oleh tentara sekutu dan pemberontakan di cina. sampai di nanjing (dengan dokumen internasional red cross) Hogg berhasil tiba di nanjing dan menyaksikan kekejian tentara jepang yang mirip perlakukan kamar gas nazi. semua lelaki di kota nanjing dikumpulkan di lapangan/alun2 kota, lalu ditembak satu persatu. mayat2 itu kemudian ditumpuk menjadi satu dan dibakar. dengan gemetar Hogg memfoto kejadian itu.
tak dilalah, Hogg ketangkap pasukan jepang dan diadili di tempat ratusan pria yang dibunuh. Hogg hampir dihukum pancung ketika seorang tentara nasionalis (atau komunis?) Jack chen membunuh para tentara itu dan menyelamatkan hogg. Hogg pun diasingkan ke daerah Huang shi oleh perawat dari amerika yang mengabdikan diri di cina, lee pearson.
Hogg menjadi guru sekaligus bapak dari puluhan anak2 yatim piatu di Huang shi. hingga suatu hari tentara cina ingin menggunakan tempat tsb sebagai base camp. untuk menghindari anak2 laki2 asuhan Hogg menjadi tentara bantuan cina, Hogg melarikan anak2 tsb ke Shandan. berjalan selama 2 bulan, menentang badai salju, hingga berpapasan dgn tentara jepang yg tersesat.
secara keseluruhan ini kisah nyata. tp pada akhirnya hogg meninggal karena tetanus. anak2 asuhan hogg masih hidup hingga saat ini. dan menyebarkan kisah tersebut ke anak cucunya.
akting hogg&chen mempesona. terlebih chow yun fat yg dingin dan tanpa belas kasih. tapi kisah chen yg tiba2 bisa berada pun dia mau, dan dimana pun hogg dan lee berada, cukup membuatku mengerutkan dahi. siapa chen sebenarnya? tentara nasionalis? tetapi suka mendidik pemuda2 di desa2 membuat bom dan berlatih membidikan senjata. tentara komunis? tapi dicari2 oleh tentara nasionalis.
kisah mengharukan tapi membuat bingung pada beberapa scene film.

4 comments:

  1. lw amatin ga pas hogg ditaksir ma cewe china yg jualan smua kbutuhan dr kebutuhan primer ampe kebutuhan opium? ternyt pada saat itu sdh spt skr ya? ga bs liat barang bening dikit....hihihiihi

    ReplyDelete
  2. sama si michelle yeoh?gw rasa itu sekedar "admire" aja karena waktu itu cowo (pengusaha) di daerah itu belum ada yg bisa menandingi wanita itu..ada juga bisanya morotin duit dia...hihihi
    kalau cowo liat barang bening dikit, ya lw jg kan? berarti masih normal bro....hahaha

    ReplyDelete