Wednesday 3 September 2008

Sang Pemimpi

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Biographies & Memoirs
Author:Andrea Hirata
buku kedua ini sebenarnya sudah lama selesai tapi gw lupa nulis reviewnya...sebab gw agak kecewa dgn buku ini karena detail dan permainan kata semakin berkurang....
kenapa gw kategorikan ke biografi dan memoir? karena inilah perjalanan hidup lanjutan dari laskar pelangi sang penulis saat remaja. menjalani masa remaja dengan gejola kenakalannya menjadi awal penyajian buku ini. tapi tak pernah lagi kutemui teori indah maupun rangkaian kata setinggi syair layaknya khas melayu seperti laskar pelangi. buku ini bisa membuatku tertawa karena teringat kenakalan remaja dulu yg sempat kuperbuat. meski aku tidak tertawa terbahak-bahak sampai mata berair seperti membaca kejailan mahar di laskar pelangi. atau aku bisa meneteskan airmata saat ayah ikal tetap tersenyum meski rangkingnya merosot ke urutan 20-an. tapi aku tidak sempat menangis dan marah, saat lintang memutuskan berhenti sekolah di buku laskar pelangi.
gejolak emosi tidak lagi kutemukan meski buku ini selesai dalam beberapa jam.
tapi setidaknya andrea memotivasi seseorang untuk bermimpi karena dengan mimpi kita punya tujuan hidup. entah suatu kebetulan ataukah memang jalanan hidup si penulis yang sudah tergaris di telapak tangannya, seakan setiap tokoh, tingkah laku, tempat dll, saling terkait satu sama lain. jika butuh buku untuk memotivasi, buku ini tetap menjadi rekomendasi gw setelah laskar pelangi.

6 comments:

  1. waaaah bagus mana sama yang lama laskar pelangi?

    ReplyDelete
  2. lebih bagus laskar pelangi. karena kalau belum baca laskar pelangi, mungkin agak tidak mengerti beberapa tokoh di buku ini....

    ReplyDelete
  3. oghhh nanti aku beli deh....dah ada di gramed lom?

    ReplyDelete
  4. udah lama banget ini buku tapi baru sempat baca dan baru sempat nulis review nya...laskar pelangi filmnya udah di buat mungkin tahun depan tayangnya...riri riza dan mira lesmana yang buat...

    ReplyDelete
  5. waaaah jadi pengen beli...ntar aku baca deh....seru kayaknya nehhh...

    ReplyDelete