Wednesday 3 September 2008

Edensor

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Biographies & Memoirs
Author:Andrea Hirata
lanjutan buku ketiga setelah laskar pelangi dan sang pemimpi. setelah mencapai mimpinya, ikal berpetualang ke negeri impian, paris. mulai merasa menjadi mahasiswa paling bodoh diantara kaum eropa peraih beasiswa, pertaruhan keliling eropa hingga afrika bermodalkan dengkul dan menjadi seniman jalanan, hingga kehilangan saudara yang terpaksa pulang karena penyakit paru-paru turunan.
andrea menuliskan rentetan pertarungan hidupnya yang harus dibayar setelah meraih mimpinya. namun, gw kembali kecewa karena tidak ada lagi rangkaian kata syair dan detail sosok maupun tingkah laku seperti laskar pelangi. mengakhiri cerita dengan tibanya si penulis di desa edensor yg selalu diidamkan penulis dalam buku yg diberikan cinta pertamanya di belitong.
just wandering, mungkin kah tokoh, tempat, tingkah laku hingga impian si penulis memang kebetulan ataukah sudah digariskan dalam tangannya? seakan semua mengalir begitu saja dan pada suatu waktu menjadi rendezvous.
membaca laskar pelangi, sang pemimpi hingga edensor tidak lebih dari rasa penasaran gw mengikuti jalan hidup si penulis yang mungkin bisa menginspirasi kehidupan.

2 comments:

  1. cuma penasaran sama perjalanan hidup nya andrea hirata. menuliskan memoir tapi lewat novel...unik dan permainan katanya ok. tapi di buku kedua dan ketiga tidak semenarik laskar pelangi (buku pertamanya)...

    ReplyDelete