Sunday 14 September 2008

Malaikat Jatuh

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Parenting & Families
Author:Clara Ng
kumpulan cerpen clara ng yg menuliskan cara pandang yg berbeda tentang kematian, kasih sayang a.k.a cinta orang tua dan anak, serta balas dendam.
lewat cerpen malaikat jatuh, menceritakan tentang beppu, malaikat dgn sayap yg hanya sebelah dan manna, seorang ibu yg hidup kekal abadi karena pernah memakan jantung malaikat seperti beppu. ternyata hidup abadi tidak mengenakkan. manna harus melewati ratusan pemakaman hingga ia bosan dan air matanya kering hingga manna berusaha membunuh beppu untuk membuat anaknya, mae, sembuh dan hidup kekal seperti dirinya. ingatlah sayang, keabadian adalah kutukan. itulah nasihat ayah mertua manna.
jangan berharap membaca secara real dan gamblang kumpulan cerpen ini. atau mendapatkan detail. tapi clara ng hanya menuliskan dari satu sudut yg mungkin tidak terpikirkan oleh kita. seperti pada cerpen Barbie. dimana ada cinta yg membara dari boneka babi abu-abu yg tdk pernah dilirik pembeli kepada barbie yg selalu cantik dan sempurna. tapi barbie yg selingkuh dan menganggap babi abu-abu hanya "sex for one night stand" menggila dan memutilasi barbie. satu hal yang kemudian membuat toko mainan itu ditutup karena kejadian itu.
atau pada cerita Akhir. tentang pandangan anak usia sembilan tahun yg tidak pernah mengerti dan tidak pernah diberitahu orangtuanya mengapa sang ayah tak lagi sering keluar negeri dan membelikan mainan. lalu rumah, perabotan, mobil satu persatu dijual. hingga ayah diculik dan dibunuh. hingga ia dan ibunya dibunuh di rumah oleh orang yg menganggap keluarga mereka menentang penguasa. tapi suatu malam ia bersyukur, karena bisa berkumpul lagi dgn ayah ibunya dan memandang rintik hujan di malam hari di dalam rumah mereka yang semakin reyot dan berjamur yang kemudian di cap rumah berhantu.
atau ada cerita "bengkel las bu Ijah" yg mampu memperbaiki hati setiap manusia yg patah hati, retak, hancur, kemudian menyambungnya menjadi lebih utuh dan kuat.
atau cerita Negeri Debu dimana seorang anak perempuan bisa menghabiskan malamnya. mendapatkan belaian ibu debu yg tak didapatkan dari mamanya. dimana bermain debu tidak membuat penyakit sinusnya kambuh. dimana ia bisa merasa tenang meski ia tidak tahu kenapa ibunya dibunuh karena ia tidak tahu arti kata pembunuhan. negeri debu tak lain adalah kolong tempat tidur saat ibunya menempatkan dirinya di sana bila akan "melayani" setiap pria asing yg berbeda setiap malamnya. ia tidak tahu arti kata pelacur, membunuh, mutilasi, kematian. membuatnya pusing. tapi suatu hari nanti ia percaya akan keajaiban waktu yang akan membuatnya mengerti.
kumpulan cerpen clara ng tak bisa dibaca dari satu sudut. karena akan terlihat seperti tidak masuk akal. mencari sudut lain yg tidak terpikirkan dan terjamah oleh manusia pada umumnya.

6 comments:

  1. minta alamat "bengkel las bu Ijah" doonk??? kayaknya recommended bgt tuh tuk didatengin.....

    ReplyDelete
  2. kalo ada juga gw kasih...sayang ibu ijah ditahan oleh pemerintahan yg mengatasnamakan agama dan politik karena apa yang dilakukan bu ijah bertentangan dengan unsur2 tersebut. bu ijah ditahan tanpa sempat menikah ataupun punya keturunan jadi tidak ada yg meneruskan bengkelnya. bengkel itu kini menjadi rumah kosong tak terawat dan kemudian berhantu.

    ReplyDelete
  3. owh..itu sudah semestinya...
    mihahahaha..
    kapan kumu ke malaysia??

    ReplyDelete
  4. entahlah...ke luar negeri mahal visa-nya..lagipula banyak pulau di Indonesia yg saya belum sempat kunjungi.

    ReplyDelete