Sunday 4 January 2009

Dan Damai di Bumi

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Travel
Author:Karl May
ketemu buku ini di obralan sebuah toko buku. tadinya hanya penasaran akan sang pengarang. tapi buku ini bercerita tentang perjalanan karl may melewati mesir, penang, singapura, aceh hingga dataran yang paling dicintainya, tiongkok. jangan berharap may akan mendeskripsikan keindahan setiap tempat secara detail, karena bukan itu tujuan may. membaca buku ini seperti membaca diary seorang karl may. penuh dengan ucapan dan tutur dari setiap orang yang terlibat. menurut gw, may ingin menuturkan bagaimana anggapan western yang merendahkan orang timur, secara kasar dianggap lebih rendah dan bodoh, hingga kemudian mencintai orang timur akan kesederhanaan dan moral mereka.
diselipi cerita misionaris yang gila karena disentri hingga melakukan pemaksaan agamanya dan menuduh kafir orang yang tidak mau ikut dengannya, hingga kisah cinta antara west and east. tidak ada bahasa mendayu-dayu seperti syair, tapi ada filosofi di setiap kalimat yang dituturkan pada setiap tokoh, yang menurutku mereka semua nyata dan ada. may hanya menambahkan dan menyempurnakan kalimat-kalimat tersebut sehingga membacanya seperti berada di tengah-tengah pembicaraan mereka.
jauh sebelum perang antar ras menjadi isu santer seperti israel dan palestina, hitam dan putih, ataupun antar agama, may sudah memberikan solusi yang ditemukannya sendiri dalam perjalanan petualangannya sekitar seabad lalu.

" sesungguhnya aku selama ini sakit dan dijangkiti penyakit yang sangat berbahaya...itu adalah PRASANGKA..."

3 comments:

  1. wahhhhhhh........... karl may bacaan ku sejak SD mbak blanche!
    kara ben nemsi, old shatterhand, senapan pembunuh beruang..... karl may mmg legendaris!!!

    ReplyDelete
  2. hehehe iya baru nemu bukunya...petualangannya seru juga ternyata..

    ReplyDelete
  3. bukunya buanyak..... semua tema petualangan... satu tema yang selalu dibawa karl may di novel2nya adalah perdamaian bagi semua

    ReplyDelete