Tuesday 11 November 2008

PERFUME ; a story of a murderer

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Other
dengan setingan perancis abad 18, bercerita tentang jean-baptiste granuille (maaf kalau salah ejaan)yang terlahir di bawah meja jualan ikan ibunya di tempat pelelangan ikan, dimana daerah paling miskin di perancis di masa itu. ibunya kemudian di gantung karena dituduh hendak membunuhnya. kemudian masa sulit dialami granuille, mulai dari panti asuhan, dijual ke tukang kulit seharga 5 francs. granuille terlahir dengan keistimewaan yang tidak dimiliki orang lain saat itu. umur 5 tahun ia masih sulit bicara, tapi ia bicara kata-kata dari penciumannya meski jarak puluhan kilometer. hingga suatu hari ia dibeli oleh perfumer (pembuat parfume) baldini, untuk meracik ratusan parfume yang kemudian terkenal se-antero perancis. bayarannya? ia hanya ingin belajar mendapat esens dari bau setiap benda yang ada di bumi ini. termasuk besi, rumput, rongsokan, bunga, dll. hingga ia mendapat rekomendasi dari baldini untuk mengunjungi grasse sebuah kota kecil dengan ratusan wewangian khas, mulai dari bunga hingga buah. granuille terobsesi dengan bau seorang wanita berambut merah. hingga akhirnya ia terobsesi membuat 12 dasar wewangian dari 12 wanita yang berbeda. wanita itu dibunuh, dilumuri lemak binatang, didestilasi, hingga keluar esens/biang parfum. hingga suatu hari warga desa grasse mengetahui perbuatan granuille dan hendak menghukum gantung granuille. tapi campuran 12 parfum dasar dari 12 badan wanita yang berbeda, mampu menghipnotis ratusan warga dan terbuai dengan cinta dan tanpa sadar mereka saling bersenggama di ruangan luas tempat granuille akan dihukum gantung, tak terkecuali pope/pastur.
tragis. aneh. mempengaruhi orang hanya dari wewangian. tapi satu hal yang tidak pernah didapat oleh granuille sejak dia dilahirkan dan meninggal, ia tidak pernah merasakan dicintai dan mencintai secara murni tanpa wewangian.
satu hal yang unik, setiap orang yang ditinggalkan granuille, pasti mati. secara tragis. ibu kandungnya dibunuh. ibu asuh panti asuhan dirampok dan dibunuh beberapa menit setelah menjual granuille. tukang jagal yang membelinya mabok, dan ditabrak kereta kuda lalu tenggelam di sungai kota. baldini, sang perfumer, terkena runtuhan rumahnya sendiri. kebetulan? tidak ada suatu kebetulan di dunia ini. jika pun ada, kurang dari 10%. itu pun termasuk takdir dan keberuntungan.

5 comments:

  1. Iya, permisi, kyknya Grenouille nama belakangnya, Oya, filmnya serem soalnya udah lahirnya mengenaskan, matinyapun penuh nestapa........

    ReplyDelete
  2. hahaha gw kan udah bilang maaf dalam kurungnya kalau ejaannya salah...hehehe thanks ya...

    ReplyDelete
  3. kepolosan dan obsesi yang tidak bisa seimbang...

    ReplyDelete