Wednesday 29 October 2008

Mangir

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Other
Author:Pramoedya Ananta Toer
berlatar belakang pemerintahan panembahan senapati dari kerajaan mataram yang ingin menguasai jawa di abad 15-an, dengan melakukan segala cara termasuk menyuruh putrinya, pambayun, membujuk dan menikah dengan wanabaya penguasa daerah/perdikan mangir dengan nama ki ageng mangir yang ogah tunduk kepada mataram.
wanabaya tertipu dan menikahi pambayun yang dikiranya adalah adisaroh. apa dikata pambayun ternyata jatuh cinta seutuhnya kepada wanabaya dan mengandung anak wanabaya.
janji tinggal janji, tumenggung mandaraka sang kakek menagih janji pambayun untuk membawa wanabaya dan tunduk kepada panembahan senapati.
pambayun bingung, berontak dan meminta ampun kepada wanabaya dan bersedia menemani wanabaya menyerbu mataram. tapi apa dikata, wanabaya dengan begonya tidak tahu yang mana yang namanya panembahan senapati sehingga hampir membunuh putra senapati. tapi sahabat setia wanabaya, baru klinting, mencegah. wanabaya bingung, putra senapati menghunuskan keris ke lambung wanabaya, sedangkan senapati menghunuskan tombak dari belakang wanabaya. mangir berhasil dikuasai. panembahan senapati bahkan membuang putri pambayun dari mataram karena telah mengandung anak wanabaya.
cerita kekuasaan seorang lelaki yang menghalalkan segala cara untuk berkuasa. cerita cerminan dari para penguasa tanah air di masa lalu, mungkin masih ada di masa kini. karena sejarah biasanya berulang kan?
untuk melengkapi cerita mangir, bisa baca babad tanah jawi dan negara kertagama, which is gw juga belum baca...hihihi

10 comments:

  1. katanya lama di jogja...masa mangir ga tau dimana letaknya? payah!

    ReplyDelete
  2. ...gak ada Agung Sedayu, Glagah Putih, Swandaru, Kyai Grinsing dkk-nya ya?...

    ReplyDelete
  3. lagi tergila-gila mbah pram ya?

    coba baca Rara Mendut nya romo Mangun

    ReplyDelete
  4. sepertinya...abis umar khayam sudah tiada..dan buku2 pram baru ketemu lagi selain tetraloginya. rara mendut, selanjutnya deh...masih banyak buku yang belum selesai.

    ReplyDelete
  5. membaca mmg tiada habisnya..... ;)
    semangat!

    ReplyDelete
  6. Kalau bikin cerita yang bener aja, cari dulu kebenarannya dari para leluhur melalui jasa paranormal, pasti bakal ketemu.
    karena cerita2 yg selama ini beredar salah semua. jo percaya.

    ReplyDelete
  7. @fls3adi: maksudnya apa ya? maaf lho saya kan cuma membaca saja....jadi cuma sharing apa yang ada di buku..

    ReplyDelete