Sunday 24 August 2008

surabaya-songa-sampoerna

Day 1
Tiba di bandara juanda jam 14 dari jadwal yang molor (pesawat delayed) jam 13. Dijemput sama cendana & bujel. Langsung ke rumah moderator MCI. Maksud hati pengen cepet sekalian lewat kawasan Dolly, eh ternyata ada karnaval. Tapi ternyata jadwal berangkat ikutan molor. Jam 17 baru berangkat ke probolinggo melewati tol satelit, waru, dan tentunya jalan raya porong yg tenar dengan musibah lumpur lapindonys. Sempat liat orang2 yg ramai ingin berfoto di kawasan tersebut. Sekitar pukul 18.30, bujel & gw teriak lapar!! Ahkhirnya berhenti di rumah makan Bromo. Menu standar dgn rasa yg standar pula. (menurut gw lho..) dgn kecepatan mobil ala setiran bujel yg selalu di atas 100 km/jam sampai di kamboja resort jam 20! Gw langsung keliling di parkiran, ternyata ada aula dan banyak rombongan karena hari libur kali ya...dan tentunya mereka tidak harus upacara di kantor dan sekolahan (seperti gw! Hehehe) trus langsung di ajak ke penginapannya. Gw terkesima melihat banyak saung dari tempat duduk yg kemudian gw tau adalah tempat makan. Gw kirain saung2 itu adalah tempat makan, tapi kok ada kasur, bantal dan kelambu? Ternyata itulah tempat tidurnya! Ya..terbayang sudah angin malam musim kemarau yg kencang akan menerpa. Bukannya gw manja, tapi gw hanya berpikir kesehatan gw saat itu yg langsung terbang dari jakarta dan mulai dari sini skenario dan jadwal berubah semua. Well, supaya biar langsung tidur, temen2 gw menghabiskan malam dengan main UNO. Dendam antara Olav dan Bujel pun meradang. Gw memilih membaca supaya ngantuk. Tepat pukul 23 gw langsung tidur. Ganti kaos panjang & pake kaos kaki.

Day 2
Pk 02 dini hari pengen pipis tapi anginnya dingin bgt!! Tp gw nekat keluar drpd ngompol! Hihihi lewat saung eh kamar para lelaki, ternyata mereka masih NGOBROL! Jam 5 gw bangun sholat Subuh. Trus tidur lagi. Jam 6 pas terang bangun keliling resort liat sekitar pas terang. Ga ada kerjaan nyalain tivi liat berita di bar. Kemudian diajak foto2 di jembatan seberang resort. Seru tapi ngantuk. Jam 7 kita sarapan dan menunya “soto ayam”! aneh..?! tapi berhubung laper, gw sikat aja! Jam 8 langsung siap-siap berangkat ke lokasi buat rafting karena sungainya bukan yg di depan tempat penginapan a.k.a tempat kita foto-foto tapi masih di atas lagi. Tiba di tempat singgah untuk rafting, kita langsung disuguhi welcome drink. Ternyata buat nunggu tamu-tamu yg udah duluan rafting. Ternyata kok lama banget ya? Cendana sampai bisa buang air besar 2 kali. Hihihi akhirnya teman2 gw memutuskan untuk main UNO lagi dan gw tetap menjadi penonton yg baik. Dendam olav dan bujel semakin meradang. Awalnya bujel kalah dan sempat menjempit botol di sela dagu selama permainan. Akhirnya olav kalah berturut-turut sehingga harus menjempit 3 botol sekaligus. Hihihi olav terbebas dari kekalahan keempatnya karena kita dipanggil buat rafting. Pasang helm dan pelampung, cari dayung trus naik mobil pick-up sekitar 20 menit ke atas. Dari jalan masih harus turun lereng (yg lumayan curam) sekitar 20 menit lagi buat tiba di lokasi start. Para lelaki itu sudah tidak sabar dan langsung nyebur. Silakan…silakan…rafting pun dimulai. Baru dayung beberapa ratus meter, jeram sempit dan terjal sudah menunggu. Busyet dah, musim kemarau begini airnya deras, gimana musim hujan ya? Sekitar di jeram ke-4, perahu kita nyangkut di jeram yg deras, terjal dan sempit. Gw sempat lihat cendana dgn keisengannya menarik tali di samping perahu supaya perahu oleng, dan bujel dengan sukacita meloncat2 di pinggir perahu hingga dia memutuskan untuk meloncat ke air karena tidak sabar. Ya baiklah, sementara sang guide pusing mengatur perahu dan robby kebingungan, gw cuma geleng2 melihat tingkah cendana&bujel dan beberapa menit kemudian dalam hitungan pelari sprinter yang sedang beradu mencapai finish, perahu pun terbalik sodara-sodara sebangsa dan setanah air! Bujel jatuh, gw nimpa bujel, robby nimpa gw. Dan sang guide pun terpana! Robby megang pelampung gw, berhubung dia paling tinggi jadi kakinya bisa napak di dasar air. Bujel nyangkut di batu pinggir kali. Gw terus terang santai aja karena toh dipegang robby ini..hihihi yg gw khawatirkan adalah sendal jepit jingga kesayangan gw hilang yang kirinya! Hikshiks robby berusaha membawa gw ke pinggir dan bujel berenang ke depan dengan memberikan ujung dayungnya supaya gw pegang, tapi gw malah bilang “jel, ambilin sendal jepit gw dong di belakang lw tuh keburu hanyut!” hiyaaa…bujel pun langsung il-fil! Ini cewek ditolong kok malah mikirin sendalnya bukan bujel yang susah payah nahan arus sungai. Hihihi oh ya, kalian yang baca pasti nanya dong? Cendana mana? Kita semua lupa tuh ada makhluk mungil tapi umurnya paling tua satu perahu sama kita bernama cendana. Ternyata di jatuh tertimpa perahu dan dengan semangat ’45 membalikkan perahu itu sendirian karena guide lagi sibuk menyelamatkan gw, robby & bujel! Setelah badai berlalu kita malah ketawa2 dan guide-nya cuma bt mesem2 melihat kejahilan kita. Hahaha selanjutnya setelah setengah perjalanan kira2 6 km, kita istirahat makan pisang goreng dan jahe hangat. Trus perjalanan selanjutnya kita disuguhi pemandangan komunitas kelelawar yg bertengger di sela2 tebing terjal yg kemudian mengeluarkan air terjun dan menyapa saat kita lewat. bau kotoran kelelawar sesekali menyapa melalui angin semilir tapi terkadang tertutup dengan bau lumut dan tumbuhan khas tebing yang curam. secara pemandangan, SONGA IS THE BEST! belum lagi debit air yg seakan tidak pernah surut dan kumpulan jeram yang tidak jemu menyapa dilengkapi dengan bebatuan kali yang besar seakan ingin terus mencium perahu yang lewat. Total jalur rafting 12 km. dari lokasi rafting masih harus jalan 10 menit ke tempat penjemputan pick-up. Gw sempat melihat pemandangan lebih indah setelah jalur finish, yaitu jalur sungai pekalen yang sempit dan ditemani dua dinding tebing yang curam. Keren tapi harus yang berpengalaman dan punya mental tinggi untuk lewat situ. Kembali ke tempat persinggahan, kita langsung bersih2. Kamar mandi tanpa pintu menyapa di sini! Tapi gw sempat liat ada wc dan shower yg kosong, langsung masuk aja. Cuma ternyata tempat kunci pintunya bolong!hahaha sama aja..tapi cuek daripada pake pintu tirai! Nikah masal sih ok. Tapi mandi masal?! Hiya ntar dulu deh...abis mandi gw langsung gabung makan siang dgn menu nasi putih, nasi jagung, urap, ikan pe, ikan asin, bakwan jagung, tahu & tempe. Sikat!! Hehehe abis itu langsung cabut ke surabaya. Di tengah jalan, mobil berhenti di rumah makan tengger. Kirain mau makan lagi ternyata mereka cuma mau makan tahu petis yaitu tahu goreng ukuran jumbo (8x8cm) dgn cabe rawit dan petis. Berhubung masih kenyang, gw cuma makan potongan kecil punya bujel karena cuma mau cobain rasanya aja. Biasa aja. Gw ga suka petisnya karena kurang terasa. Tahunya, masih enakan tahu slawi. Dari situ mampir lagi sebelum porong karena ada yg minta dibeliin klepon dan krupuk upil. Rasanya? Biasa aja. Kleponnya terlalu banyak tepung kanji. Enakan yg di bandung dekat rumah klepon dengan tepung hunkwe. Krupuk? Gw menolak mencicipi karena perut gw mau meledak. Kenyang bo’! ya kita pun transit di rumah onid. Olav langsung pulang karena mau kencan, robby pulang dicariin istrinya, bujel pulang mau nganter ibunda. Tinggal gw dan cendana yg sibuk ngoprek laptop masing-masing. Bosen dengan laptop, gw baca buku. Kebetulan dibawain buku pram 3 buah sama bujel. Sekitar pukul 19.35 bujel datang dan kita selamat!! Karena lapar banget bo’! (tuan rumah tidak nawarin makan sih…hihihi) diajak makan sama bujel ke ayam&bebek goreng dgn sambel yg buat cendana kepedasan, bujel nambah dan keringetan, gw biasa aja karena sambelnya emang biasa aja pedasnya...wong ga halus karena bijinya masih banyak. Dari situ kita ke house of sampoerna. Tutupnya jam 22 jadi masih ada waktu 1 jam buat keliling. Sayang aktifitas pabrik sudah tidak ada (ya iyalah udah malem!) jadinya kita foto2 aja. Eh ga ding, cuma gw & cendana karena bujel terlelap di sofa menunggu kita. Hihihi dari situ kita keliling surabaya & sidoarjo di malam hari. Sepi ya. Jam 24 gw minta mampir ke stmj. Pengen yang hangat..ngobrol ngalor ngidul di warung kopi pinggir jalan sampai jam 2 pagi!! Bujel pun nganterin ga & cendana balik ke rumah onid. Tidur.

Day 3
Bujel jemput jam 6 lewat. Gw udah mandi. Cendana masih ngulet lengket dengan bantal guling yg kemudian ditarik bujel supaya cendana sikat gigi & mandi. Hehehe jam 7 gw langsung pamit dan menolak untuk sarapan pagi karena bujel mau ke kantor. Cendana ga jadi ikut dan tidak boleh ikut karena belum mandi. Hehehe di jalan sempat mampir ke nasi krawu. Karena gw penasaran rasanya. Cuma nasi putih, pake serundeng dan cacahan daging sapi yg bumbunya mirip rawon tapi tanpa kuah. Karena ga makan daging merah, gw pilih pake kikil dgn bumbu yang sama. Agak aneh karena kikilnya lembut banget. Dengan bumbu yg manis tapi sambal terasi yg pedas, campur aduk deh! Buat netralisir rasa, gw kunyah krupuk mie putih biar ada rasa gurih. Kenyang. Langsung deh cabut ke bandara.

Ps; catatan buat yang hendak rafting di songa, apabila kondisi tubuh tidak memungkinkan sebaiknya dipikir lagi. Trus buat yg kurang suka petualangan dan alam terbuka (camping) sebaiknya juga berpikir lagi karena tempatnya alam banget. Selamat mencoba deh!

2 comments:

  1. weleh....kpn jg gw nyetir dgn kecepatan diatas 100km/jam??? ngimpi kale lw tuh, lagean spanjang perjalanan lw kan terbang ke negeri antah berantah, bangun2 teriak lapar, abis makan terbang lage, bangun2 nyampe songa. Lha trus kpn lw liat speedometer??? btw nice resume kok....walau ada yg disembunyikan

    ReplyDelete
  2. ya...kecepatan segitu, truk aja dilawan..bus antar kota aja minggir...untung sepeda motor ga nyelip masuk selokan bro...ayolah, biar tidur gw kan ngintip speedo-nya, durlink! kalo disembunyiin karena orang tsb tidak gw anggap penting! hahahaha

    ReplyDelete